Apapun olahraga Anda, kelelahan dan cedera adalah hambatan bagi keberhasilan Anda. Memiliki kondisi terbaik pada saat-saat kompetisi adalah tujuan utama dalam berlatih, tetapi cedera dalam latihan dapat menjadi ancaman terbesar Anda. Berlari (di darat) adalah salah satu bentuk terbaik dari latihan cardio-vascular. tetapi berlari juga menjadi salah satu penyebab utama cedera tubuh bagian bawah. 

Nah, berlari di dalam air dapat membantu Anda mengurangi risiko cedera dalam meningkatkan level kebugaran dengan cara yang tidak dapat dicapai dengan latihan di darat saja. Karena itu mulailah berpikir amfibi, dengan  menggabungkan latihan darat dan air untuk menjaga form terbaik anda tanpa cedera.

Apa yang begitu istimewa tentang air?
Latihan air telah digunakan selama berabad-abad. Hasil penelitian jaman ruang angkasa ini menyajikan alasan lebih dari sebelumnya sebagai berikut:

Berlari Tanpa Impak
Di dalam air  sampai sebatas leher, tubuh Anda beratnya sekitar 10% dari berat di darat. Jika Anda berbobot 100 kg ketika berdiri di atas tanah, berat Anda hanya 10 kg saja dalam air. Dengan memakai sabuk apung seperti AA Water Jogging Belt, Anda dapat berlari dengan kepala Anda nyaman berada diatas air, bernapas normal, dan memenuhi sebagian besar latihan yang sama seperti di darat.

Di dalam air, tulang dan otot Anda tidak lagi menahan berat, sehingga tidak terjadi benturan sebagaimana dialami dalam program latihan didarat.  Anda tinggal fokus  saja pada latihan kebugarannya. Tidak ada benturan ... tidak ada cedera.

Kondisi Aerobik dan anaerobik 
Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa efek pelatihan berlari di dalam air bisa sama atau lebih besar dari latihan di darat. Meningkatkan kondisi kebugaran Anda sambil memberikan liburan bagi sendi dan otot Anda dari menahan beban.

Resistensi.
Air menciptakan resistensi terhadap gerakan ke segala arah untuk semua gerakan. Anda dapat menambah atau mengurangi intensitas dengan mengubah kecepatan gerakan Anda. Dengan merendam tubuh anda di dalam air laksana memiliki mesin pengatur berat yang dapat disetel di sekeliling tubuh Anda.

Pijat.
Air memijat otot Anda dalam setiap gerakan lengan dan kaki. Tindakan ini meningkatkan sirkulasi darah, menciptakan relaksasi, dan membantu menghilangkan stres dan ketegangan.

Sampai ke leher Anda.
Dengan berendam di dalam air sampai ke leher Anda, akan menghasilkan perubahan fisiologis dalam tubuh yang membantu menghilangkan sisa metabolisme, meningkatkan fungsi jantung, menurunkan tekanan darah, dan membantu tubuh dalam penyembuhan jaringan. Mulailah berpikir agar Anda  menggunakan manfaat tersebut diatas untuk mempercepat pemulihan  untuk kompetisi, memenuhi jadwal pelatihan tanpa cedera.

Program Kebugaran.
Banyak dari program pelatihan dan kebugaran di darat berlaku untuk latihan di air. Pelajari cara cara mentransfer program latihan di darat ke lingkungan yang ramah ini.

Konsep berlari di dalam air ini hal yang revolusioner, dapat mudah dilakukan, menyenangkan, dan mungkin menjadi modalitas yang paling menguntungkan untuk pelatihan dan kebugaran tubuh, yang pernah ada. Pelajari panduan yang ada di situs ini (lihat Daftar Artikel) yang akan membantu Anda melakukan program Anda sehingga Anda dapat mulai menulis kisah sukses Anda sendiri.