Terapi Sakit Punggung Bawah (LBP) di Kolam Renang dengan Water Jogging Belt

Low Back Pain
Jika anda menderita low back pain (LBP) atau sakit punggung bagian bawah, latihan regular adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkannya dengan memperkuat dan meregangkan otot-otot di area itu serta mengurangi rasa sakitnya.  Masalahnya kalau latihan itu dilakukan di darat dapat mengakibatkan tambahan tekanan dari waktu ke waktu sehingga malah membuat semakin buruk dan lebih nyeri lagi.  
Karena itu diperlukan kolam renang. Semua gerakan latihan di dalam air adalah latihan dampak rendah (low-impact exercises ), yang sangat disarankan bagi penderita LBP. Adanya daya apung air membuat kita hanya menanggung 10% berat badan saat berendam di air.   Ini berarti adanya pengurangan tekanan yang sangat berarti terhadap semua persendian dan memungkinkan Anda bergerak dengan bebas dengan hampir tanpa resiko memperburuk keadaan. Daya tahan alami air juga menambah manfaat bagi jantung, paru-paru dan otot-otot saat berlatih.
Pakai Water Jogging Belt
Bagi mereka yang bisa maupun tidak bisa berenang, ada beberapa alternatif terapi LBP dengan menggunakan Water Jogging Belt.  Alat Water Jogging Belt ini dipakai melingkari tubuh melingkari pinggang (lihat gambar di kiri) untuk membuat anda mudah mengambang dan menjaga posisi tubuh anda tetap tegak dengan kepala selalu berada diatas air.

Alat Water Jogging Belt sekarang sudah ada di Indonesia, sehingga anda tidak perlu repot-repot mengimpornya. Lihat disini "Pertama di Indonesia".
Berikut beberapa tips untuk terapi LBP di dalam air dengan memakai Water Jogging Belt:
  • Lakukan jogging di air, sedapat mungkin seperti anda melakukan gerakan jogging atau lari di darat.  Lihat cara berlari di dalam air disini "Teknik Berlari di Dalam Air"
  • Jika belum dapat berlari karena nyeri, cobalah beberapa latihan kardio seperti berkalan-jalan di air yang dangkal sambil mengayun tangan anda ke muka dan ke belakang di dalam air untuk mendapatkan tahanan dari air.
  • Cobalah latihan tahanan air setinggi pinggang seperti menendang setinggi mungkin untuk masing-masing kaki atau berjalan didalam air sambil mengangkat lutut tinggi-tinggi.
  • Berbaring telentang di tepi kolam dan angkat lutut anda ke dada selama 20 detik, 2-3 kali.
Selamat mencoba, semoga lekas sembuh!

Sumber: Sport Therapy and Rehabilitation
  

Kami Hadir di Bukalapak

WJB hadir di Tokopedia

    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa