Alat Hidroterapi Bagi Penderita Artritis dan Sakit Punggung.

Apa itu Hidroterapi?
Hidroterapi adalah penggunaaan air dalam pengobatan untuk berbagai kondisi, termasuk artritis dan keluhan-keluhan reumatik. Hidroterapi berbeda dengan berenang karena melibatkan latihan-latihan khusus yang anda lakukan di dalam kolam.  
Umumnya pengobatan hidroterapi dilakukan di bagian fisioterapi di rumahsakit atau dilakukan sendiri di kolam renang sesuai anjuran dokter atau terapist. Biasanya fisoterapis atau asistennya dengan latihan khusus akan menunjukkan bagaimana melakukan latihan. Fokus latihan dapat disesuaikan sesuai lingkup gerakan atau kekuatan pasien, tergantung pada simptom atau gejala yang anda miliki.  
Hidroterapi cenderung berbeda dengan aquarobics, yang lebih berat, sementara hidroterapi umumnya lebih fokus pada gerakan-gerakan yang lambat, terkontrol, dan relaksasi.

Seberapa Efektifkah Hidroterapi?
Studi ilmiah menunjukkan bahwa hidroterapi dapat memperbaiki kekuatan dan kebugaran bagi orang-orang yang menderita berbagai macam artritis. latihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Anda  dapat memulainya dengan pelan-pelan dan bertahap meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot anda. 
Daya dorong air akan membuat anda dapat melakukan lebih banyak latihan dibandingkan di darat. Latihan dan air yang hangat akan membuat anda merasa lelah setelah latihan, tapi itu normal. Secara umum hidroterapi adalah salah satu pengobatan yang paling aman untuk artritis dan sakit punggung.  

Tipe Artritis Apakah yang memerlukan Hidroterapi?
Hidroterapi sangat bermanfaat tak peduli seberapa banyak persendian anda yang sakit. Hidroterapi seringkali digunakan sehabis operasi persendiaan atau jika menderita sakit punggung (back pain), ankylosing spondylitis, psoriatic arthritis dan osteoarthritis, juga dapat digunakan untuk tipe artritis yang lain kalau anda mau mencobanya.

Bagaimana Hidroterapi Membantu Penyembuhan?
  • Air akan menopang berat tubuh anda sehingga akan menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan ruang gerak persendian anda.
  • Air dapat digunakan untuk menyediakan tahanan untuk menggerakkan persendian anda. Dengan mendorong tangan dan kaki anda melawan air, anda juga dapat meningkatkan kekuatan otot anda.
  • Air yang hangat (jika ada kolam air panas) membuat otot anda menjadi rileks dan mengurangi rasa sakit pada persendiaan, sehingga membantu anda melakukan latihan.


Alat Bantu Yang Diperlukan?

Alat bantu yang sangat efektif untuk melakukan latihan-latihan hidroterapi adalah Water Jogging Belt. Dengan daya apung yang tinggi alat ini akan meningkatkan kebebasan dan ruang gerak anda dalam melakukan gerakan-gerakan yang dianjurkan, karena dapat digunakan di air yang dalam. Gerakan- di air yang dalam tentu lebih banyak dapat dilakukan dibandingkan di air yang dangkal karena bebas impak dengan lantai kolam. 


Bagaimana Jika Saya Tidak Bisa Berenang?

Anda tidak harus dapat berenang untuk melakukan hidroterapi. Anda bisa lakukan di bagian kolam yang dangkal. 
Dengan menggunakan Water Jogging Belt anda bahkan bisa melakukannya di kolam yang dalam dengan terlebih dahulu latihan sekitar 5 - 10 menit saja untuk familiarisasi menggunakannya.
Catatan: Pastikan pengunci belt terpasang dengan sempurna dan cukup ketat agar tidak terlepas saat menggunakannya di air dalam bagi yg tidak bisa berenang!!



Kami Hadir di Bukalapak

WJB hadir di Tokopedia

    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa