Jenis Latihan di Air untuk Sakit Punggung

Sumber: Spine-health.com

Senam  atau latihan biasanya merupakan bagian dari rencana penyembuhan untuk nyeri punggung bawah. Tapi apa yang bisa Anda lakukan saat sakit punggung bagian bawah membuat Anda sulit melakukan latihan?

Tidak ada obat tunggal yang bekerja untuk semua orang, namun bacalah terus untuk mengetahui lebih banyak tentang terapi terapi di air yang lembut untuk mengurangi nyeri punggung bawah Anda.


Terapi air lembut di punggung Anda

Sifat fisik air memungkinkan Anda untuk terlibat dalam program latihan terapi di air yang menurunkan berat badan yang membebani tulang belakang Anda. Hal ini dimungkinkan karena daya apung mendukung berat badan Anda dengan cara melawan gaya gravitasi

Secara tradisional, latihan dalam air meminimalkan risiko cedera akibat gerakan yang tidak diinginkan dan memungkinkan Anda melakukan gerakan yang lebih banyak.

Terapi air sangat bermanfaat bagi pasien dengan kondisi berikut: osteroarthritis, osteoporosis lanjut, ketegangan otot, dan diabetes.


Jenis latihan terapi air

Ada banyak jenis latihan aktif yang bisa dilakukan di air, berkisar dari peregangan sederhana hingga berlari di dalam air. Selain itu, tidak ada satu jenis terapi air yang berlaku dan cocok untuk semua. Sebaliknya, dokter atau terapist Anda akan merekomendasikan secara spesifik berdasarkan kondisi spesifik Anda.


Jenis Latihan Terapi Air yang Umum Sertakan:

  • Latihan aerobik berefek rendah/ minim benturan
  • Gerakan lutut-ke-dada
  • Gerakan angkat Kaki 
  • Peregangan dengan menghadap ke dinding
Beberapa orang menemukan bahwa terapi air membantu mereka untuk memulai program latihan, tapi segera mereka merasa cukup sehat untuk beralih ke latihan berbasis darat.
Yang lain menemukan bahwa mereka menikmati latihan air dan memilih untuk tetap menggunakan terapi air, sementara yang lain mendapati bahwa rasa sakit mereka mendikte mereka dengan terapi air dalam jangka panjang.

Jika Anda mencoba terapi air dan menemukan itu bukan untuk Anda, mengendarai sepeda latihan atau menggunakan mesin elips/sepeda dayung atatis mungkin pilihan latihan lain yang lembut di punggung bawah Anda.


Siapa yang harus menghindari terapi air?

Terapi air umumnya dianggap sebagai pilihan latihan yang aman bagi mereka yang memiliki nyeri punggung bagian bawah, tapi yang terbaik adalah menghindari terapi air jika Anda menderita salah satu dari berikut ini:
  • Demam
  • Gagal jantung parah
  • Inkontinensia,
  • Infeksi
Melakukan latihan di air mungkin memerlukan lebih banyak waktu dan usaha, tapi tetap ada baiknya jika dengan begitu dapat memberi Anda sedikit kelegaan dari sakit punggung Anda.

Kami Hadir di Bukalapak

WJB hadir di Tokopedia

    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa