Panduan Berlari Di Dalam Air

Disadur berdasarkan buku "Water Running Handbook" yang ditulis oleh David Brennan,MS

Ayo Berlari Di Dalam Air
Apapun olahraga Anda, kelelahan dan cedera adalah hambatan bagi keberhasilan Anda. memiliki kondisi terbaik pada saat-saat kompetisi menjadi tujuan utama dalam berlatih, tetapi untuk mempertahankan jadwal pelatihan Anda berjalan tanpa cedera dapat menjadi tantangan terbesar Anda. Berlari adalah salah satu bentuk terbaik dari latihan cardio-vascular. tetapi berlari juga menjadi salah satu kontributor utama cedera tubuh bagian bawah. 

Memulai Berlari Di Dalam Air
Sebelum memulai ber-jogingdi dalam air, perhatikan hal-hal berikut ini:

Keselamatan.
Sebelum memulai program latihan apapun pastikan anda mengetahui kondisi tubuh anda, bila perlu periksakan ke dokter. terutama jika anda memiliki masalah dengan jantung, tekanan darah, gangguan metabolisme, atau sebelumnya tidak aktif berolahraga. Petunjuk dan saran yang disajikan disini tidak dimaksudkan ...

Tiga R Joging Air
Berlarilah di dalam air dengan 3 R

Relaksasi
Sangatlah penting untuk mengendurkan otot Anda sebelum melakukan gerakan. Otot yang relaks bergerak lebih cepat dan lebih lentur mengalir daripada yang tegang. Apakah Anda berada di darat atau di air, aliran gerakan yang terkontrol adalah tujuan Anda. Ambil manfaat dari media air untuk mengendurkan otot Anda sebelum dan selama gerakan.

Teknik Berlari di Dalam Air
Apakah Anda seorang atlet kelas dunia atau individu biasa yang mulai melakukan program kesehatan atau kebugaran, ada beberapa teknik dasar yang perlu dipertimbangkan agar Anda dapat memaksimalkan manfaat dari program berlari di dalam air. Pola berlari di dalam air hampir identik dengan pola berlari di darat.

Hal-Hal Khusus
Memeriksa Apung:
Sebelum Anda masuk ke kolam renang, periksa Water Jogging Anda untuk memastikan posisinya benar, cocok dan pas di badan, dan sabuk tidak kendur. Masuklah ke kolam renang dan pegang dinding samping kolam saat Anda menggerakkan kaki Anda tepat di bawah Anda. Dorong menjauh dari sisi kolam renang dan periksa permukaan air. Anda memiliki daya apung ketika kepala Anda  nyaman keluar diatas permukaan air saat Anda secara lembut menjejak air.

Mengukur Intensitas 
Mempertahankan bentuk berlari yang benar di kolam renang akan membantu Anda memaksimalkan efek pelatihan dari berlari di air dalam. Program yang terstruktur akan memberikan hasil yang lebih baik daripada hanya melompat di kolam renang dan berharap sesuatu akan terjadi. Brennan lebih suka menggunakan tiga bentuk monitoring intensitas di kolam renang. Anda akan membutuhkan sebuah jam tangan atau jam tepi kolam yang menunjukkan menit dan detik.

Level Selanjutnya
Meningkatkan Kecepatan Lari Anda
Anda harus berlatih untuk meningkatkan kecepatan dan mempertahankan laju, sedemikian rupa. Air menyediakan lingkungan yang memungkinkan pelatihan kecepatan melalui berbagai gerak tanpa dampak dan benturan seperti halnya yang terjadi disebagian besar latihan lari. Bila dilakukan dengan benar, kecepatan menggerakkan kaki di  dalam air dapat lebih cepat daripada di darat. Karena tidak ada benturan dengan lantai yang memperlambat siklus gerakan, pelari sering mencapai siklus yang lebih tinggi per menit di dalam air daripada sesi latihan di darat.

Menambah Beban dan Daya Tahan
Menambah Beban
Keajaiban air memungkinkan Anda untuk semakin menambah berat badan atau beban tubuh. Dengan memvariasikan kedalaman air, Anda dapat memvariasikan beban atau dampak yang Anda kenakan pada tubuh Anda. Ketika Anda bergerak ke bawah, beban pada tubuh Anda akan meningkat untuk naik ke permukaan air. Menggunakan kedalaman yang bervariasi sangat berguna ketika Anda sudah pulih dari cedera atau ketika Anda sudah memiliki sesi latihan keras dan Anda perlu untuk menurunkan berat tubuh. Pelatihan pada kedalaman yang bervariasi sering dapat membantu mencegah cedera dan merupakan prosedur lintas-pelatihan yang sangat baik.

Contoh Latihan Berlari di Dalam Air
Brennan menyediakan tiga latihan sebagai contoh pelatihanberlari di dalam air yang ia ciptakan bagi para atlet cedera. Contoh-contoh tersebut dapat disesuaikan untuk berlari di air dangkal. Pastikan untuk menyertakan periode pemanasan dan pendinginan.

Info Tambahan
Latihan Tambahan:

Ada banyak latihan yang dapat dimasukkan ke dalam program berlari di dalam air. Tendangan Duduk, ski cross country, dan mengayuh lingkar adalah tiga gerakan yang populer. Gunakan gerakan-gerakan tersebut selama pemanasan dan pendinginan, untuk menambah variasi dan untuk memberikan pelatihan lintas bagi otot Anda. Cari ilustrasi dan petunjuk tentang latihan tambahan secara online,  ...


Semoga bermanfaat!

Kami Hadir di Bukalapak

WJB hadir di Tokopedia

    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa