Top 10 Manfaat Jogging di Dalam Air


Joging air atau jogging di dalam air menjadi latihan yang paling sering disebut-sebut sebagai latihan alternatif untuk pelari atau atlet yang cedera maupun yang sedang melakukan rehabilitasi, dan telah didaulat sebagai latihan kardiovaskular yang efektif.


Berikut adalah daftar Top 10 Manfaat Jogging di dalam air ...

# 1: Latihan Bebas Benturan

Ada alasan mengapa joging air begitu populer bagi para pelari profesional dunia. Bahkan ketika terluka, pelari senantiasa terus mengejar aktivitas kebugaran favorit mereka itu, sekalipun harus dalam kolam renang dengan melakukan jogging di dalam air. Manfaat utama bagi pelari adalah mereka mampu mempertahankan tingkat kinerja berlari mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program joging air sebagai pengganti mempertahankan kinerja kebugaran berlari mencapai setinggi 90%. Ini berarti pelari yang cedera dapat mengharapkan untuk nantinya tetap dapat berlari pada kinerja 90% setelah sembuh dari cedera jika melakukan joging air sebagai pengganti berlari di darat selama pemulihan .

Untuk non pelari, latihan non-impak atau bebas benturan ini sangat menarik, terutama jika berurusan dengan penuaan sendi yang bertahun-tahun dipakai untuk menahan hentakan akibat berlari, aerobik, olahraga maupun aktivitas lainnya yang banyak menggunakan kaki.

# 2: Latihan Air Tanpa Repot

Bagi mereka yang tidak terlalu menikmati berenang, Anda dapat menikmati banyak manfaat yang sama dari latihan air tanpa berurusan dengan beberapa aspek yang kurang menyenangkan saat berenang, yakni dengan menggunakan sabuk joging air, misalnya, Dengan  alat ini, Anda dapat menjaga kepala Anda dengan aman di atas air - tanpa rambut Anda basah atau harus memakai penutup kepala yang ribet. Dengan begitu, tidak ada lagi kekhawatiran rambut kaku dan mata perih akibat kaporit atau klorin yang biasa dipakai di kolam renang untuk penjernih dan pembunuh kuman penyakit.

Peralatan joging air yang Anda Perlukan ... Ada Disini


# 3: Kemudahan Adaptasi

Siapapun dapat ber-joging air, dengan asumsi kaki dan tangan berada dalam kondisi normal. Hanya perlu sabuk apung saja! Juga ada beberapa alat lainnya untuk kegunaan tertentu, tapi sifatnya opsional yang tidak harus Anda miliki.

Jika Anda belum pernah melakukan joging air sebelumnya, Anda bisa segera menjadi terbiasa hanya dalam beberapa menit saja. Semudah beradaptasi dengan berjalan atau berlari, dengan satu-satunya perbedaan yaitu berada di dalam air, yang menawarkan manfaat unik sebagaimana disebutkan di atas ...

# 4: Membangun Kondisi Tubuh

Selain melatih sistem kardiovaskular Anda, kegiatan ini menargetkan otot-otot inti Anda yang bekerja agar Anda tetap mengapung. Otot-otot quadriceps, hamstring, bahu, dan punggung juga mendapatkan latihan yang luar biasa ...

Anda dapat melatih sistem kardiovaskular Anda seefektif latihan di darat. Kesamaan yang bukan main, minus tentu saja Bebas Benturan pada persendian Anda!

# 5: Latihan Ketahanan

Joging Air menawarkan sesuatu yang kebanyakan tidak didapat pada latihan di darat... yakni membangun ketahanan. Setiap gerakan di dalam air mendapatkan resistensi atau tahanan dari air, yang memiliki efek positif pada kebugaran kardiovaskular disamping melatih otot.

Intensitas besarnya resistensi  tergantung pada kecepatan Anda bergerak di dalam air. Setelah Anda menjadi terbiasa, Anda dapat meningkatkan kecepatan Anda berlari di dalam air dan mengambil manfaat tambahan dari resistensi yang ditimbulkan oleh air ...

# 6: Pelatihan Lintas Olahraga

Setiap orang harus melakukan latihan lintas (cross training). Tubuh kita sangat mudah beradaptasi, dan jika Anda melakukan kegiatan kebugaran yang sama terus menerus, manfaat yang Anda dapat akan berkurang dari waktu ke waktu. Belum lagi, melakukan hal yang sama hari demi hari tentu akan membosankan!

Sebuah latihan air yang baik seperti joging air akan meniupkan kehidupan baru dan motivasi dalam kehidupan kebugaran Anda. Meskipun hanya sekali seminggu akan terjadi perubahan kecepatan, terutama pada otot dan sendi yang selama ini menderita akibat dari kegiatan berbasis benturan.

# 7: Efek Pijatan

Setiap gerakan dalam air berfungsi sebagai pijat mini untuk otot dan sendi. Jangan heran kalau begitu banyak orang perlu rehabilitasi dari cedera diperintahkan oleh dokter untuk mencoba latihan di dalam air.

Beberapa manfaat dari pijat, terutama berbasis air, yakni meningkat sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Berada di dalam air juga telah terbukti mengurangi ketegangan dan stres.
Nah tuh, bagus bukan!

# 8: Meningkatkan Performansi Lari

Seluruh proses joging air berfokus pada postur yang baik dan jangkauan gerak yang efektif. Termasuk di dalamnya gerak kaki langkah panjang, postur yang tegak, dan gerakan lengan yang benar. Berfokus pada bentuk cara berlari di dalam air adalah dasar yang bagus untuk meningkatkan kinerja lari Anda ...

# 9: Kemampuan Beradaptasi 

Bagaimana, dan berapa lama Anda ber-joging air sangat mudah untuk disesuaikan. Anda juga dapat ber-joging air di bagian dangkal dari kolam tanpa menderiata impak atau benturan sebesar di darat.

Jika Anda kesulitan mendapatkan ruang yang cukup besar di kolam, misalnya kolam renang di klub kesehatan Anda, Anda dapat dengan mudah beradaptasi dengan cara menggunakan tali. Caranya, tali tersebut dihubungkan ke sabuk apung Anda dan ujung lainnya diikat di tepi kolam renang. Cara ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan manfaat penuh dari jogging air tanpa perlu bergerak jauh memakan tempat.  Anda benar-benar jogging di tempat, tetapi tidak merasa seperti itu sama sekali! Coba saja!

# 10: Latihan Yang "Adjustable"

Ada berbagai latihan joging air dalam durasi waktu dan intensitas. Lihat contoh pola latihan jogging air disini. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan latihan ini untuk tingkat kebugaran, keterbatasan waktu, atau keduanya.

Pilih jenis latihan sesuai dengan keinginan Anda, karena meskipun dengan aktivitas yang sama terus, akan tetap membantu Anda tetap segar dan mencegah turunnya motivasi Anda. Kami sarankan mengubah latihan Anda setiap dua minggu agar tubuh Anda bisa beradaptasi. Semakin cocok latihan Anda, semakin cepat tubuh Anda akan beradaptasi, jadi buatlah rencana latihan Anda ...

Setelah Anda menjadi nyaman dengan joging air, Anda dapat menambah tantangan dengan menggunakan pemberat di badan, dikaki maupun di tangan. Aksesoris tersebut sering digunakan dalam kelas kebugaran berbasis air dan tambahkan sedikit variasi untuk pola latihan Anda ...

Jadi, .....

Nikmati latihan Anda, dan ambil manfaat sebanyak-banyaknya dari joging air!

Kami Hadir di Bukalapak

WJB hadir di Tokopedia

    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa