5 Manfaat Terapi di Air untuk Sakit Punggung

Punggung Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari terapi di air, namun penting untuk dicatat bahwa terapi di air bisa terjadi tidak selalu tepat untuk semua orang. Jika Anda sedang mengalami demam, infeksi, atau luka terbuka (termasuk sayatan bedah yang belum pulih sepenuhnya), air dan bahan kimia di kolam renang dapat membuat masalah ini menjadi jauh lebih buruk. Jika Anda memiliki kondisi seperti ini, bicarakan dengan dokter Anda sebelum melakukan terapi berbasis air.

Berikut beberapa manfaat dari terapi di dalam air:
  1. Penurunan Beban Bantalan. Terapi Aqua dapat menurunkan tekanan yang menumpu pada tulang belakang Anda karena adanya daya apung yang diberikan oleh air. Jika Anda berurusan dengan masalah piringan sendi tulang belakang yang membuat gerakan terasa menyakitkan atau jika Anda mencoba memperkuat kembali tulang belakang Anda setelah operasi, terapi di dalam air dapat menghilangkan tekanan gravitasi pada tulang belakang Anda. Dengan demikian akan memungkinkan Anda untuk fokus pada latihan terapi Anda.

  2. Peningkatan mobilitas. Dengan alasan yang sama, karena daya apung air, Anda akan bisa memutar dan berbalik lebih leluasa dalam air, yang memungkinkan kita melakukan latihan rentang-gerak yang tidak mungkin dilakukan di darat. Peningkatan mobilitas adalah manfaat dari terapi di dalam air.

  3. Resistensi alami. Jika Anda berbelok di darat, Anda tidak akan menghadapi hambatan dan dengan demikian tidak akan melatih otot tulang belakang Anda dengan sangat keras. Cobalah melakukannya di air. Air memiliki daya resistensi kira-kira 600 kali lebih dibandingkan udara, sehingga latihan sederhana di darat akan lebih efektif bila dilakukan di air.

  4. Penurunan rasa sakit. Banyak orang yang menderita sakit punggung berkomentar bahwa kurang menyakitkan untuk melakukan latihan di air daripada di darat. Ini masuk akal, karena air membantu meningkatkan suplai darah ke otot dan persendian yang sakit. Rasanya terkena air juga menenangkan, yang membantu mengalihkan pikiran dari rasa sakit Anda.

  5. Tidak jatuh.  Operasi spinal atau kondisi tulang belakang yang menyakitkan yang sakit dapat berdampak negatif terhadap keseimbangan kita. Sensasi saraf yang menyakitkan atau kehilangan keseimbangan sesaat akibat kondisi tulang belakang bisa membuat kita terjatuh, yang bisa menyebabkan patah tulang atau luka lainnya. Namun, keseimbangan bukanlah masalah saat Anda masuk ke dalam air hingga diatas pinggang. Anda menghilangkan risiko terjatuh dengan melakukan latihan di air, dan ini juga akan membantu memperkuat otot di kaki Anda untuk memperbaiki keseimbangan saat Anda berada di darat.
Memakai Water Jogging Belt
Keuntungan atau  manfaat terapi di dalam air akan menjadi lebih efektif bila anda menggunakan sabuk apung yang memungkinkan Anda melakukan berbagai gerakan tanpa terhambat rasa sakit karena dengan sabuk apung Anda terbebas dari beturan atau beban berat badan yang menumpu pada tulang belakang. Bahkan ruang persendian tulang belakang menjadi terlonggarkan yang memungkinkan saraf yang terjepit bisa kembali ke posisi normalnya. Sabuk apung yang direkomendasikan adalah AA Water Jogging Belt karena memenuhi syarat  ergonomis dan didesain khusus untuk terapi di dalam air untuk berbagai kondisi kesehatan terutama sakit punggung atau saraf kejepit atau HNP (Herniated Nucleous Pulposus).



Kami Hadir di Bukalapak

WJB hadir di Tokopedia

    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa